1 / 3
WATU CENIK WONOGIRI
2 / 3
PUNCAK JOGLO
3 / 3
TANDEM PARALAYANG

3 Hal Dalam Pembentukan BUMDes - Kunjungan BPD Ngadipiro, Nguntoronadi

kantor-bumdes-sendang-pinilih
Kantor sekretariat BUMDes Sendang Pinilih
Studi Banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan ketempat-tempat tertentu yang berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang nantinya dapat diterapkan di kemudian hari untuk menjadi hal yang lebih baik lagi. Kali ini BUMDes Sendang Pinilih kedatangan peserta studi banding dari BPD Ngadipiro, Nguntoronadi, Kab. Wonogiri.

Studi banding dari BPD  Ngadipiro ke BUMDes Sendang Pinilih terkait pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dilihat dari segi perkembangan bahwa BUMDes Sendang Pinilih yang berlokasi di Desa Sendang dinilai cukup bagus se-Kabupaten Wonogiri. Sendang Pinilih yang mengelola 3 destinasi wisata ini sangat cocok digunakan sebagai BUMDes percontohan. Untuk itu kedatangan BPD Ngadipiro kali ini guna menggali potensi apa saja yang dapat di terapkan untuk desanya. “Kedatangan saya beserta rekan-rekan BPD Ngadipiro bermaksud untuk studi banding saling tukar pengalaman Karena pada dasarnya secara struktural desa kami sama dengan Desa Sendang, yang membedakan di desa ini banyak pariwisata dan sangat strategis karena dekat dengan jalur lintas utama”  tutur Bp. Sunardi selaku ketua BPD Ngadipiro.

bumdes-sendnag-pinilih-wonogiri
Ketua BPD Ngadipiro


BUMDes Sendang Pinilih sering kali di kunjungi oleh beberapa lembaga-lembaga atau instansi tertentu guna mempelajari segala bidang yang ada di BUMDes tersebut. BUMDes yang dibentuk dari modal nol persen ini mampu mengembangkan segala potensi yang ada, BUMDes yang dulu di Ketuai oleh Bp. Sukamto Priyowiyito yang saat ini menjabat sebagai kepala desa Sendang semakin dikenal oleh masyarakat dalam dan luar negeri dimana tak terlepas dari pengorbanan beliau . “Badan Usaha Milik Desa yang paling utama adalah unsur kelembagaan, dalam pendirian dan pembentukan BUMDes harus memiliki badan hukum. Seperti perlu adanya PerDes yang disahkan oleh Kepala Desa dan adanya SK Kepengurusan, serta perlu adanya AD-ART agar para pengurus dan program kerja BUMDes terarah sesuai aturan” tutur Bp. Sukamto Priyowiyoto.


Beberapa unit usaha BUMDes yang disektor wisata terdiri dari Puncak Joglo, Watu Cenik, dan Watu Lumbung (take off baru). Semua Wisata tersebut merupakan wisata alam yang ada di desa Sendang. Unit usaha kedua BUMDes berjalan di bidang Pelayanan Publik, seperti meberikan pelayanan bagi masyarakat yang akan melakukan pembayaran dan/atau tagihan bulanan bahkan bagi warga yang akan bertransaksi banking, semua dapat dilakukan di kantor BUMDes.

watu-cenik-wonogiri
Kunjungan BPD Ngadipiro ke BUMDes Sendang Pinilih



BUMDes Sendang Pinilih yang saat ini dipangku oleh Bp. Sunarno S.ST, M.Si bahwa dalam pembentukan badan usaha milik desa bahwa dalam pebentukan BUMDes yang terdapat 3 (tiga) hal yang paling penting. Pertama adalah potensi, kenali potensi apa yang ada di desa yang dapat dijadikan prioritas sebagai unit usaha bumdes. Kedua adalah masalah warga, apa yang menjadi masalah warga di desa tersebut, contoh dihal promosi mungkin warga masyarakat kesulitan dalm mempromosikan barang yang dibuat sehingga dengan adanya bumdes dapat menjadi wadah. Ketiga adalah produk Unggulan, gali apa yang dapat menjadi produk unggulan didesa, produk yang dapat mewakili desa. Karena pada dasarnya bumdes tidak harus berjalan dibidang pariwisata, tetapi potensi apa yang ada didesa tersebut dapat dijadikan unit usaha bumdes dan mampu merekrut warga sebagai karyawan. Untuk itu dalam pembentukan Badan Usaha Milik Desa perlu memperhatikan 3 (tiga) hal tersebut.


SEKRETARIAT BUMDES SENDANG PINILIH

  DESA SENDANG
Jln. Wonogiri - Pracimantoro Km. 7 Desa Sendang
 Kec.Wonogiri  Kab.Wonogiri 57651
Telpon : 0273 3202108


Direktur

SUNARNO,SSTMSi

085229513531

info

MARINO

081329349588

0 Comments for "3 Hal Dalam Pembentukan BUMDes - Kunjungan BPD Ngadipiro, Nguntoronadi"

Back To Top